17 Juli 2009

STRUKTUR SEL (1)

1. Membrane sel

Membrane sel merupakan batas kehidupan, batas yang memisahkan sel hidup dari sekelilingnya yang mati. Lapisan tipis yang luar biasa ini tebalnya kira-kira hanya 8nm. Membran sel ini mengontrol lalu lintas ke dalam dan ke luar sel yang dikelilinginya.

Membrane plasma tersusun dari molekul-molekul lipid (lemak), protein dan karbohidrat.

Lipid dan protein merupakan bahan penyusun utama dari membran, meskipun karbohidrat juga merupakan unsur penting. Gabungan lipid dan protein dinamakan lipoprotein. Saat ini model yang dapat diterima untuk penyusunan molekul-molekultersebut dalam membran ialah model mosaik cair

Pada 1895, Charles Overton mempostuatkan bahwa membran terbuat dari lipid, berdasarkan pengamatannya bahwa zat yang larut dalam lipid memasuki sel jauh lebih cepat dari pada zat yang tidak larut dalam lipid. 20 tahun kemudian, membran yang diisolasi dari sel darah merah dianalisis secara kimiawi ternyata tersusun atas lipid dan protein, yang sekaligus membenarkan postulat dari Overton.

Fosfolipid merupakan lipid yang jumlahnya paling melimpah dalam sebagian besar membran. Kemampuan fosfolipid untuk membentuk membran disebabkan oleh struktur molekularnya. Fosfolipid merupakan suatu molekul amfipatik, yang berarti bahwa molekul ini memiliki daerah hidrofilik (menykai air) maupun daerah hidrofobik (takut dengan air).

Berdasar struktur tersebut maka membran sel bersifat semi permeable atau selektif permeable yang berfungsi mengatur masuk dan keluarnya zat dari sel. Adapun fungsi dari membrane sel adalah:melindungi isi sel dan mempertahankan isi sel, mengatur keluar masuknya molekul-molekul yang berguna untuk mempertahankan kehidupan sel, sebagai reseptor (penerima) rangsangan dari luar sel (yang berperan glikoprotein).


Gambar. Struktur membrane sel



Tidak ada komentar:

Posting Komentar